Kamis, 22 Mei 2008

Cara mudah Back - Up Blog

Blog ternyata juga harus di back up karena bisa saja server yang melayani blog terserang masalah. kita akan pakai situs web yang memberikan layanan back- up blog.

Alasan Back-Up
ada beberapa alasan utama kenapa blog juga harus di back up,apalagi kalau melakukan proses blog sudah langsung selama beberapa tahun. Kemudian kehilangan data selalu ada. Meskipun data tersimpan di server blog, tetapi ssaja server bisa bermasalah. Bisa jadi, blog berisi kumpulan pemikiran yang tak ternilai harganya?

berikut ini adalah alasan lain yang bisa disebut.
  • siapa tahu blog hendak dipindah ke server lain yang lebih murah, lebih andal, lebih cepat, dan lebih-lebih lainnya.
  • blog jadi amburadul setelah pengaturan yang salah. ketika itu, blog ingin dikembalikan ke kondisi ke keadaan sebelum pengaturan yang salah.
  • blog kena hack (mungkin) karena pemilik blog adalah seorang selebritis, penjabat pemerintah, atau orang yang nasibnya memang kurang beruntung.

CARANYA?
pada pembahasan ini tidak akan melibatkan cara back-Up blog yang rumit dan mahal yang melibatkan HTML,PHP,cron,FTP, dan makhluk-makhluk aneh lainnya. Proses backup untuk orang biasa haruslah semudah mungkin,semurah mungkin, dan berjalan otomatis seakan mereka tidak akan pernah melakukannya.

Kita sekarang menggunakan layanan back-up gratisan yang bernama BlogBackUpOnline(www.blogbackuponline.com). Layanan ini akan menyalin isi dari blog dan menyimpan ditempat yang aman. Salinan itu bisa digunakan suatu saat nanti jika diperlukan. selain itu, BlogBackUpOnline juga mendukung berbagai platform blog yang populer saat ini, mulai blogger sampai wordpress.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. ikuti saja langkah-langkah berikut ini.
  1. Anda mendaftarkan diri dengan memasukkan alamat e-mail dan memilih password yang diinginkan (masukkan dua kali). jangan lupa klik tombol [signup].
  2. Buka e-mail konfirmasi yang dikirimkan oleh mereka untuk mengaktifkan akun.
  3. Setelah aktif, login sekali lagi
  4. klik tombol [Start Registering your Blog].
  5. Masukkan alamat blog dan klik [Register Blog].
  6. selesai.
Ya mudah-mudahan info ini bermanfaat bagi temen-temen semua.

Tidak ada komentar: