Senin, 05 Mei 2008

Tampil dengan Versi Terbaru, Fitur di YouTube Dibenci User

kemarin saya sempat baca bahwa Google kembali dikritik oleh penggunanya karena telah mengubah tampilan fitur Inbox dan My Contacts di YouTube. Sebagian besar penggunanya kecewa dan menginginkan fitur tersebut dikembalikan ke versi sebelumnya.

Beberapa minggu lalu, situs layanan video sharing YouTube meluncurkan fitur Inbox dan My Contacts versi Beta terbaru, yang membawa improvisasi fungsi-fungsi baru kepada usernya. Kemarin, tim YouTube dengan bangga mengumumkan bahwa fitur-fitur tersebut telah berkembang dan kini telah diresmikan sebagai versi Final yang memiliki kemampuan jauh lebih baik dibandingkan versi Beta.

"Kini di inbox terdapat thumbail mini yang muncul di tiap-tiap pesan user untuk respons video dan uploader video yang dishare. Tidak hanya itu, kita juga menaruh link untuk melihat seluruh komentar yang telah dikirim kepada user melalui notifikasi email, baik respons video maupun respons komentar sebelumnya," ujar tim YouTube, yang disitat dari Softpedia, Senin (5/5/2008).

Namun, respons konsumer ternyata tidak sebagus yang dibayangkan YouTube, bahkan sebaliknya, mereka mengkritik fitur-fitur baru ini, lebih buruk dibandingkan fitur lama. Beberapa di antaranya menginginkan fitur lama YouTube kembali. Berikut beberapa komentar di antaranya:

"TOLONG kembalikan inbox ke tampilan sebelumnya. Tampilannya sekarang terlalu membingungkan, dan saya benar-benar benci Anda sudah membuang fitur lamanya!" -sliimshaydi

"Tolong kembalikan fitur lama setelah membaca pesan ini! Fitur lama jauh lebih keren, dan anda menggantinya!" -ilg4e

"Saya lebih memilih inbox yang lama. Lebih sederhana." -ytcat

"Mungkin beberapa orang lebih suka inbox yang baru, saya tidak. Mungkin akan lebih baik kalau ada tombol switch antara fitur yang baru dan yang lama," -carlus90

Ini bukan kali pertama Google menerima feedback negatif dari salah satu layanannya. Dahulu Google pernah menyuguhkan interface baru untuk Google Image Search, namun, sebagian besar user mengkritik dan meminta untuk mengembalikan fitur lamanya. Selang sehari, pihak Google langsung mengembalikan fitur Google Image Search ke versi lamanya.

Tidak hanya Google, kompetitor terbesarnya, Yahoo pun pernah ditimpa masalah serupa. Namun, berbeda dengan Google, Yahoo tidak mengembalikan layanan lama Flickr-nya, seperti yang Google lakukan, melainkan semakin memperkaya fitur-fitur barunya tersebut.�

Tidak ada komentar: